NIKESNEAKERS

Nike FlyPrint, Teknologi Material 3D Printed Pada Sepatu Lari Nike.

Nike memperkenalkan secara resmi teknologi sepatu Nike Flyprint dan Nike Zoom Vaporfly Elite Flyprint akan menjadi debut pertama material ini. Nike Flyprint adalah material tekstil 3D-printed pertama yang diimplementasikan pada sepatu lari / performance footwear. 

Material Flyprint diproduksi oleh Nike melalui proses SDM (Solid Deposit Modeling). Proses dimana Thermoplastic polyurethane (TPU) dilepas dari sebuah kumparan, dilelehkan, dan diletakkan dalam beberapa lapis. Lapisan-lapisan tersebut lalu digunakan untuk membuat bagian upper dari sepatu.

Cukup rumit, kan? Lebih rumit lagi karena ternyata Nike Flyprint memungkinkan desainer untuk mengimplementasikan data-data dari atlit ke geometri tekstil. Dengan metode ini, Nike men-digital-kan proses pembuatan tekstil. Digitalisasi ini memungkinkan modifikasi dari mesin-mesin produksi untuk mengkombinasikan Flyprint dengan Flyknit dan Flywire.

Hasilnya? Proses tanpa lem sama sekali, yang menciptakan komposisi ideal dari material sepatu yang amat sangat ringan, dan sangat mendukung aktivitas lari jarak jauh. Solusi untuk peningkatan performance para atlit yang menggunakannya.

Teknologi Sepatu Nike FlyPrint 2018 - 3D Printed Sneaker Nike Zoom Vaporfly Elite FlyPrint - Info Rilis Harga Review Terbaru

Proses Pembuatan Teknologi Sepatu Nike FlyPrint

Detail dari proses pembuatan Flyprint dimulai dari mengambil data-data dari para atlit. Data tersebut lalu dikomputasi dengan alat-alat desain mutakhir untuk memastikan komposisi paling ideal dari material. Selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk memproduksi material final dari Flyprint.

Proses tersebut selain membuat output dari material tersebut sangat presisi dan unik untuk atlit yang menggunakannya, juga sangat mempersingkat waktu desain prototype. 16 kali lebih cepat dari metode produksi lainnya untuk mendesain sepasang prototype sepatu.

Teknologi Sepatu Nike FlyPrint 2018 - 3D Printed Sneaker Nike Zoom Vaporfly Elite FlyPrint - Info Rilis Harga Review Terbaru

Teknologi sepatu Nike FlyPrint akan dirilis pertama kali dalam sepatu Nike Zoom Vaporfly Elite FlyPrint, pada 22 April 2018. Pada tanggal tersebut, atlit maraton Eliud Kipchoge akan menggunakannya untuk event maraton di London.

Sepatu Nike Zoom Vaporfly Elite Flyprint akan tersedia dalam kuantitas sangat terbatas di London pada aplikasi Nike App. Saat ini belum ada info resmi untuk rilisan sneakers Nike lainnya yang akan menggunakan material Nike FlyPrint. Akan tetapi, sepertinya rilisan sepatu lari Nike 2018 akan banyak diimplementasi oleh teknologi ini dalam waktu dekat.

Teknologi Sepatu Nike FlyPrint 2018 - 3D Printed Sneaker Nike Zoom Vaporfly Elite FlyPrint - Info Rilis Harga Review Terbaru

Source
NIKE
Tags

Artikel Terkait

Back to top button