NIKESNEAKERS

Sejarah Sepatu Nike Mercurial, Dari Sepatu Bola ke Street Sneaker.

2 dekade lalu, tepatnya pada 16 Juni 1998, adalah hari dimana salah satu sepatu bola paling berpengaruh hadir, sepatu Nike Mercurial. Ditandai dengan gol melalui tendangan half-volley dari Ronaldo Luiz Nazario de Lima, legenda tim nasional Brazil.

Dengan material dan konstruksi sepatu yang inovatif, pada masa itu sepatu Nike Mercurial memang didesain untuk pemain-pemain bintang di lapangan hijau. Seperti Ronalo, yang bermain bola dengan perspektif baru, dengan skill yang sebelumnya jarang terlihat di pemain lain.

Kala itu, Ronaldo menggunakan sepatu Nike Mercurial dalam colorway biru dan kuning, cukup terlihat outstanding di lapangan. Sepatu yang dipakainya, menjadi salah satu titik dari dari tren crossover antara ‘street/pitch’, yang masih menjadi tren hingga saat ini, 20 tahun setelahnya.

Sebenarnya pada tahun 1997, Nike Air Italia dan Air Santos adalah rilisan pertama dari hybrid antara sepatu bola dan sepatu lari. Nike Air Italia dan Nike Air Santos, keduanya mempunyai estetika desain ‘chunky’ yang sekarang menjadi hype, dan historically menjadi awal dari rilisnya Nike Mercurial.

Sepatu Nike Mercurial Dari Masa ke Masa

Dimulai dengan Air Zoom Mercurial, Nike lalu membuat silhouette seri Mercurial dalam model lain, dari Nike Air Force 1 hingga Air Max 1. Berikut adalah beberapa sepatu Nike seri Mercurial yang menjadi hyped dari tahun ke tahun :

Sepatu Nike Air Zoom Mercurial (1998)

Sepatu ini menjadi awal dari Mercurial line, dan rilisan selanjutnya. Dari Ronaldo di tim nasional Brazil hingga akhir menjadi street sneakers.

 

Sepatu Nike Mercurial - Air Zoom Mercurial Trainer 1998

Sepatu Nike Air Max Mercurial (2001)

Sepatu ini adalah hybrid antara Mercurial dengan sepatu lari, dimana Air Bag pada tumit disematkan dan juga material TPU digunakan pada upper.

Sepatu Nike Mercurial - Air Max Mercurial 2001

Sepatu Nike Air Mercurial Vapor 365 (2002)

Sepatu ini menawarkan keleluasan bermain bola dimanapun dan kapanpun. Thanks to it anatomically correct, sepatu ini ideal karena akan fit dengan kaki siapa saja yang memakainya untuk bermain bola.

Sepatu Nike Mercurial - Air Mercurial Vapor 365 (2002)

Sepatu Nike Lunar Gato Safari (2011)

Dengan skema warna khas Cristiano Ronaldo, sepatu ini menjadi cult-classic untuk street sneaker.

Sepatu Nike Mercurial - Nike Lunar Gato Safari (2011)

Sepatu Nike Kobe 8 Mambacurial (2013)

Sepatu Mambacurial dengan colorway khas Kobe Bryant ini menunjukkan kecintaan Kobe pada sepakbola, dengan beberapa detail Nike Mercurial Vapor IX.

sepatu nike mercurial - kobe 8 mambacurial 2013

Sepatu HTM Nike Free Flyknit Mercurial SP (2014)

Dirilis pertama kali oleh Mark Parker, sepatu ini menggunakan garis desain Mercurial lalu dimodifikasi dan menggunakan material flkyknit. Menjadikan sepatu ini all-new silhouette dan awal dari perubahan tren sepatu kasual.

Sepatu Nike Mercurial - HTM Nike Free Flyknit Mercurial SP (2014)

Source
NIKE
Tags

Artikel Terkait

Close