NIKESNEAKERS

Sejarah Sepatu Nike SB Dunk Low “Pigeon”

..dan hype dari launching event sepatu limited edition tersebut.

Sepatu Sneakers Nike SB Dunk Low Pigeon

Jika membahas tentang sepatu yang dirilis dalam edisi terbatas, salah satu rilisan sepatu paling hype pada zamannya adalah Nike SB Dunk Low “Pigeon”. Dirilis 12 tahun lalu tepatnya pada 22 Februari 2005, hadirnya sneakers ini merupakan titik yang merubah sudah pandang para sneakerheads terhadap rilisan sepatu baru.  Sepatu ini didesain oleh Jeff Staple, founder dari Staple Design dan Reed Space, yang hingga kini masih merupakan salah satu tokoh streetwear paling influential. Nike SB Dunk Low “Pigeon” merupakan rilisan yang merepresentasikan New York sebagai bagian dari White Dunk Exhibit, dalam merayakan anniversary ke 25 dari Nike Dunk.

Sebagai seorang New Yorker, Jeff Staple memutuskan untuk memilih ikon burung yang populasinya tinggi di New York, untuk merepresentasikan kota tersebut, yaitu burung merpati. Burung merpati dipilih sebagai inspirasi dari desain Nike Dunk Low edisi khusus ini, diimplementasikan dalam pemilihan warna juga dengan ikon burung merpati yang di-embroidered pada bagian tumit (ikon tersebut kini menjadi logo dari Staple Design).

Sepatu Sneakers Nike SB Dunk Low Pigeon Sepatu Sneakers Nike SB Dunk Low Pigeon Sepatu Sneakers Nike SB Dunk Low Pigeon

Sebagai salah satu rilisan dari White Dunk Collection, sepatu ini hanya dibuat 30 pasang, dengan logo Staple (STPL) di implementasi dengan laser pada bagian inner heels, menandakan nomor sepatu XX/30.Sebenarnya sebelum dirilis, tidak ada ekspektasi dari Jeff Staple kalau sepatu ini akan mengakibatkan chaos. Karena word of mouth di komunitas sneakerhead, dan maraknya reseller di eBay pada tahun 2005, antrian yang seharusnya hanya 30 orang, saat itu tak disangka menjadi ratusan. Kabarnya ada beberapa orang yang membawa stik baseball hingga pisau sehingga membuat pihak kepolisian New York harus mengamankan event tersebut. Tapi suasana di lokasi launching terus membuat sneakerheads memanas. Karena suasanya yang hampir mendekati riot, polisi harus melakukan pengamanan khusus kepada orang-orang yang beruntung menjadi para pemilik pertama Nike SB Dunk Low Pigeon, dengan mengarahkan pembeli sepatu melalui pintu belakang toko untuk naik taksi agar selamat sampai rumah.

Sepatu Sneakers Nike SB Dunk Low Pigeon

Keesokan paginya, media baik surat kabar, televisi, dan internet ramai-ramai memuat berita tentang bagaimana hebohnya launching event dari Nike SB Dunk Low “Pigeons” tersebut. Walalupun diamini oleh Jeff Staple sebagai desain rilisan baru tapi tanpa hal baru dari sisi teknologi, hype dari launching yang luar biasa dan menjadi salah satu sejarah sneakers dunia. Nike Dunk memang sebelumnya sudah popular, tapi event tersebut membawa Nike SB Dunk ke level yang lebih tinggi kastanya.

Updates : Versi 2017 dari sepatu ini akhirnya dirilis oleh Nike, selengkapnya di artikel berikut.

 

 

Via
Staple Design
Source
Sneaker History
Tags

Artikel Terkait

Back to top button